Senin, 11 Juli 2011

Cotton Cake Cokelat Pisang

LBT#7 Cotton Cake Cokelat Pisang by Nurhayati ID No. 7
PR kali ini sangat special bagiku karena di PR LBT#7 aku sudah jadi anggota LBT dengan no Id. 7. Kali ini aku membuat Cotton Cake Cokelat Pisang, ini juga pertama kali aku membuat cotton cake.  Aku membuat ½ resep karena takut gagal, tetapi setelah kue matang jadi menyesal karena cotton Cake Cokelat Pisang ini rasanya enak dan sangat lembut…. Cuma yang masih jadi kendala kenapa ya setiap motong kue aku tuh ngga bisa rapi, apa karena pemotongnya ngga bagus.... hmmmmm.
Cotton Cake Cokelat Pisang (sumber Sedap)
Bahan :
50 gram mentega tawar
40 gram tepung terigu
10 gram cokelat bubuk
¼ sdt baking powder
25ml susu cair
40 gram pisang ambon
75 gram kuning telur, kocok lepas
½ sdt cokelat pasta
150 gram putih telur
5 tetes esens pisang (aku tidak pakai)
¼ sdt garam
½ st cream of tartar (aku ganti air lemon)
100 gr gula pasir

 
Cara Membuat:
1.       Panaskan mentega tawar sampai meleleh. Matikan api. Tambahkan tepung terigu,  cokelat bubuk dan baking powder. Aduk sampai kalis, angkat
2.       Blender pisang ambon. Panaskan susu cair asal hangat. Masukkan pisang, aduk rata. Tuang sedikit-sedikit ke campuran kuning telur. Aduk rata.
3.       Tuang sedikit-sedikit  ke campuran tepung terigu sambil diaduk perlahan. Sisihkan
4.       Kocok putih telur, garam dan cream o tartar sampai setengah mengembang. Tambahkan gula pasir sedikit-sedikit sambil di kocok mengembang.
5.       Masukkan campuran tepung terigu sedikit-sedikit ke kocokan putih telur sambil diaduk perlahan
6.       Tuang di Loyang (aku pakai Loyang bulat diameter 20) yang dialasi kertas roti tanpa dioles margarine
7.       Panggang dengan cara ABM 55 menit dengan api bawah suhu 160 derajat celcius sampai matang dan dinginkan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar