Kamis, 20 Oktober 2011

Banana Loaf



 Sebetulnya sudah lama mau buat cake dari bahan pisang, sudah beberapa kali beli pisang selalu habis dimakan anak-anak, maklumlah mereka suka sekali sama buah yang satu ini. Denger-denger untuk membuat cake pisang, pisangnya harus yang sudah agak lembek aku nyebutnya bonyok yach...., maka dicarilah buah pisang bonyok di seputaran tukang buah dekat rumah, duh susah banget nemuin pisang bonyok.

Waktu mau jemput kakak pulang sekolah, kebetulan nemu tukang pisang pakai gerobak dan kebetulan banget ada pisang yang sudah agak bonyok. Si akang bilang kalau pisang bonyok biasanya sudah ada yang nampung untuk buat bolu, kebetulan ada 1 sisir jadi siakangnya kasih juga untukku beli. Thanks ya kang pisang.

Sampai rumah lihat-lihat file resep tentang cake pisang, trus jatuh hati sama Banana  Loafnya bu Fatmah Bahalwan yang beredar di milis beberapa minggu yang lalu.

Banana Loaf
by Fatma Bahalwan

Bahan A :
3 bh pisang ambon
1 sdm air jeruk lemon

Bahan B:
225gr tepung terigu protein sedang
1 sdm bumbu spekoek
1 sdt BPDA

Bahan C :

150gr mentega
110 gr coconut sugar/palm sugar
40 gr gula pasir
5 butir kuning telur

Bahan D
5 butir putih telur, kocok kaku

Cara membuatnya :
1. Bahan A: haluskan pisang beri air jeruk lemon, aduk rata, sisihkan
2. Bahan B : aduk rata semuah bahan, ayak, sisihkan
3. Bahan C : kocok mentega gula palm dan gula pasir hingga lembut dan pucat, masukkan kuning telur satu persatu, kocok terus hingga rata.
4. Matikan mikser, tuang campuran tepung bahan B kedalam adonan aduk rata, tuang juga adonan A, aduk rata. Masukkan bahan D secara bertahap, aduk rata.
5. Masukkan adonan kedalam loyang loaf ukuran 12x24x7 (kalau aku 12x22x8) yang sudah dipoles mentega dan ditaburi tepung. Panggang dalam oven suhu 180'C selama lk.45 menit (aku 60 menit) atau hingga matang.

Selamat mencoba, dijamin ueenaaak tenan....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar