Kamis, 16 Juni 2011

Bolu Kukus Ubi Merah

Suamiku senang banget sama yang namanya ubi, sudah lama dia request minta dibuatin ubi rebus. Kebetulan di tukang sayur langganan ada jual ubi merah. Setelah di cuci bersih ubi langsung kurebus dengan panci tekan (hehehe biar cepet).



  Setelah ubi matang, sambil nunggu suami yang belum pulang kantor, aku ingat kalau aku perna simpan resep ubi ungu punya bu Citra Kusuma yang pernah di share di milis NCC. Akhirnya dibuatlah bolkus ubi merah ini.






Bolu Kukus Ubi Ungu
Resep by Bu Citra Kusuma

Bahan :
100 gram ubi ungu kukus, haluskan (aku pakai ubi merah)
200 ml air
2 butir telur
1/2 sdm emulsifier
250 gram gula pasir
230 gram tepung terigu
25 gram susu bubuk (aku pakai 50 gram )
perwarna ungu secukupnya (aku pakai pewarna merah dan kuning)

Cara Membuatnya :
1. Blender ubi dengan air sampai lembut (kalau aku ubi tidak kublender)
2. Kocok telur, gula dan cake emulsifier sampai lembut
3. Tambahkan tepung, susu bubuk, aduk rata. Tuang campuran ubi sedikit demi sedikit sambil diaduk rata, tambahkan warna.
4. Tuang adonan ke dalam cetakan bolu kukus yang telah dialas kertas kue.
5. Kukus dengan api besar  selama 10 menit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar