Minggu, 11 Desember 2011

PR LBT # 11 Tres Leches Cake

Syukur Alhamdulillah photo ini bisa diselamatkan jadi bisa setoran tepat pada waktunya, beginilah kalau buat PR mepet waktu, halangannya ada aja. Memory card dan laptop ku entah kenapa kena virus dan harus di format ulang.

Tres Leches Cake ini kubuat dengan menggunakan resepnya Host LBT mba Vivi.

Bahan :
140 gram tepung terigu
1 1/2 sdt baking powder
1/4 sdt garam
5 butir telur. dipisahkan
180 grm gula pasir (dibagi menjadi 140 gr dan 40 gr)
1 sdt vanili
80 ml susu cair

1/2 kaleng susu evaporated (di resep asli pakai 1 kaleng)
1/2 kaleng SKM (diresep asli pakai 1 kaleng)
40ml krim kental (resep asli 60ml)

Cara membuat :
1. Panaskan oven ke 180 derajat Celcius, oles tipis dengan butter pada loyang. aku pakai ukuran 20x20x7

2. Ayak tepung terigu, baking powder dan garam, sisihkan

3. Kocok kuning telur dan 140 gr gula pasir dengan kecepatan tinggi hingga kental dan berwarna pucat. Tambahkan susu cair dan vanili kedalammnya, kocok kembali hingga tercampur rata, kocok sebentar saja.

4. Tuang campuran kuning telur ke dalam campuran tepung dengan menggunakan spatula karet, dengan teknik aduk balik secara perlahan sampai tercampur rata.

5. Kocok putih telur dengan kecepatan tinggi hingga mengembang kemudian masukkan 40 gr gula pasir. Kocok hingga Soft Peak.

6. Masukkan 1/3 adonan tepung kedalam adonan putih telur dengan menggunakan Spatula karet, aduk rata. Kemudian masukkan kembali campuran Putih telur tadi ke dalam adonan tepung (teknik ini disebut teknik pancing agar adonan dapat tercampur sempurna

7. Tuang kedalam adonan kedalam loyang. Panggang selama 35 sampai 45 menit (gunakan test tusuk) Kemudian angkat loyang kue dan biarkan dingin selama kurang lebih 1/2 - 1 jam.

8. Setelah cake dingin. Tusuk tusuk perlahan permukaan cake menggunakan tusuk gigi atau garpu, secukupnya dibeberapa bagian cake. Lalu secara perlahan siramkan campuran 3 susu tadi diatasnya (cairan yang disiramkan secukupnya ya).

9. Masukkan cake ke dalam lemari es dan biarkan susu menyerap selama 1 jam atau semalaman agar lebih enak dan lembut.

10. Penyajian, Potong cake dan beri frosting sepagai toping (aku pakai white ganache) di hias buah strawbery.

Alhamdulillah ternyata anakku suka sekali dengan cake ini, padahal dia tidak suka susu. Thanks ya para Host, tambah lagi ilmuku....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar